My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah singgah di blog ini... Saya berharap semoga artikel-artikel di Blog ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua. :)


Sebuah Kutipan :

"Janganlah kalian merasa bahagia apabila kalian belum pernah membuat orang lain bahagia..."

Mr.one

18/01/12

Sekilas Tentang Teknik Informatika

Buat teman-teman yang sedang bersiap-siap mengikuti tes masuk perguruan tinggi dan menyukai dunia teknologi informasi (TI), tentunya jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan terfavorit ketika akan masuk ke perguruan tinggi.
Karena sekarang ini perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak perusahaan yang membutuhkan SDM yang mengerti dan "menguasai" perkembangan teknologi tersebut.

Ketika menulis postingan 'Sekilas Tentang Teknik Informatika' ini, saya pun masih dalam proses mencari ilmu di fakultas teknologi industri-jurusan informatika di salah satu universitas swasta di yogyakarta yang lokasinya tidak jauh dari  gunung merapi.

Di jurusan informatika ini teman-teman akan diajarkan tentang pemrograman yang meliputi sistem informasi, jaringan, multimedia, dan rekayasa perangkat lunak, sesuai dengan konsentrasi yang diambil. Jadi mayoritas mata kuliahnya mengenai bahasa pemrograman dan tiap hari bergelut dengan kode-kode program.
Begitu banyak pula keuntungan yang bisa diperoleh dari jurusan teknik informatika ini. salah satunya yaitu seorang mahasiswa akan mampu menyelesaikan masalah secara terstruktur, melakukan sesuatu dengan hati-hati dan brpikir kedepan(dengan logika). karena di bangku perkuliahan mahasiswa informatika selalu dituntut membuat suatu program/project dengan masalah yang ada, dan dalam membuat programnya kita harus menguasai logika.

Keuntungan lainnya juga bisa dilihat dari prospek kerja. Menurut survey tidak formal ke teman-teman, saya mendapatkan berbagai alasan kenapa mereka memilih untuk melanjutkan studi ke jurusan informatika. Berikut diantaranya :
1. Karena Lulusan teknik informatika sangat diminati perusahaan-perusahaan besar di indonesia maupun luar negeri.
Mungkin hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa lulusan IT sangat mudah untuk mencari pekerjaan.

2. Sarjana IT tidak hanya bisa menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan lapangan kerja. karena lulusan IT jika didukung dengan kemampuan berwirausaha pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses(amin..). Hal ini bisa dilihat dari minimnya produk-produk IT dalam negeri.

3. Di jaman sekarang jurusan IT adalah jurusan yang paling diminati
Dari beberapa bukti tingginya peminat teknik informatika, salah satunya adalah di universitas tempat saya belajar saat ini, teknik informatika merupakan salah satu jurusan dengan mahasiswa terbanyak.

Oke, mungkin cukup sekian dulu gambaran dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. 
Ingat, apapun jurusannya yang penting ada niat dari diri kita insyaallah jalan menuju sukses akan terbuka lebar..

1 komentar: