My Info

.: SELAMAT DATANG :.

Terimakasih sudah singgah di blog ini... Saya berharap semoga artikel-artikel di Blog ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua. :)


Sebuah Kutipan :

"Janganlah kalian merasa bahagia apabila kalian belum pernah membuat orang lain bahagia..."

Mr.one

21/12/11

Menghemat Baterai HP Android

Handphone android merupakan salah satu OS hp yang paling boros penggunaan baterainya. itu karena pada android begitu banyak background procces/aplikasi yang berjalan dibelakang layar sehingga akan banyak menguras baterai.

Terus apa yang harus kita lakukan untuk menghemat agar baterainya tidak boros???

nah agar baterai android kita tidak boros maka kita harus melakukan penghematan sedemikian rupa sehingga tidak sering melakukan charge baterai setiap saat.
untuk menghemat baterai saya biasanya melakukan langkah-langkah berikut:

Charging
usahakan saat menge-cas baterai benar-benar dalam kondisi low dan saat melakukan charging usahakan sampai baterai benar-benar penuh baru dicabut.. ini adalah hal yang paling dasar dan berlaku pada semua jenis hp.

Task Manager
gunakan aplikasi task manager baik bawaan android maupun aplikasi yang didownload di android market. task manager berguna untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh ssistem. seperti game, browser, atau aplikasi lainnya yang sedang tidak anda pakai.

Brightness dan Contrast
mengatur kecerahan layar, jangan terlalu cerah, bahkan disarankan serendah mungkin untuk daya tahan baterai yang jauh lebih lama.

Toggle Switch
penting dengan adanya aplikasi ini untuk mengontrol (on/off) paket data dengan sangat mudah, karena aplikasi ini memiliki widget khusus yang dapat diletakkan di desktop android anda.

Stabilitas Jaringan Provider
jika hp anda mendukung 2G dan 3G (tapi kalo android mayoritas sudah mendukung keduanya), cukup setting dengan option '2G network only'. hal ini karena sinyal 3G di indonesia belum stabil, sehingga perubahan otomatis antara 2G ke 3G maupun sebaliknya cukup menguras daya baterai. jika sekedar telepon, sms, browsing, 2G sudah cukup.

Uninstall
hapus program-program yang tidak begitu penting. aplikasi AtrackDog dapat memudahkan kita untuk memberi tahu aplikasi-aplikasi yang tidak begitu berguna dan meminta konfirmasi untuk menghapusnya.

Screen Timeout
settinglah screen timeout secara normal. jangan terlalu cepat ataupun terlalu lama. normalnya adalah sekitar 30 detik - 1 menit.

Wallpaper
minimalisir penggunaan live wallpaper yang sudah pasti menguras daya baterai.

Matikan Animasi
tampilan yang beranimasi memang terlihat indah, tapi hal tersebut akan membuat CPU bekerja ekstra yang pada akhirnya membuat baterai menjadi boros.

silahkan cara-cara ini diterapkan juga di hp android anda. tentunya untuk menghemat baterai..hehehe

semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar